Mengenai Produk
Extra
Joss adalah
salah
satu
minuman energi berbentuk serbuk yang diproduksi oleh PT Bintang Toedjoe dan mulai diluncurkan sejak 14 Agustus 1994. Peluncurannya dipicu oleh pemikiran bahwa semakin hari semakin banyak orang yang membutuhkan
minuman energi/minuman kesehatan termasuk dari kalangan status ekonomi sosial (SES) menengah ke bawah.
Masalahnya, pada saat itu harga jual produk minuman energi yang ada belum bisa dijangkau oleh golongan ekonomi menengah ke bawah karena belum ada pemain pasar yang membuat terobosan agar harga produk menjadi lebih terjangkau. Mengingat kompetensi inti PT Bintang Toedjoe terletak pada obat-obatan farmasi berbentuk serbuk dan dikemas di dalam sachet, maka Bintang Toedjoe bermaksud menyajikan minuman kesehatan serbuk dalam kemasan sachet pula. Dengan
begitu, Bintang Toedjoe mampu menekan biaya penjualan karena produk tidak memerlukan kemasan botol dan transportasi menjadi lebih efisien.
Strategi Pemasarannya
Konsep pemasaran yang
diterapkan pada produk Extra Joss ini
adalah konsep penjualan dimana sebuah organisasi untuk mencapai kesuksesan harus melakukan penjualan dan promosi secara agresif yang dikombinasikan dengan konsep produk dimana konsep produk menekankan pada mutu, kinerja dan inovasi dari prouk itu sendiri.
Sebagai minuman yang berenergi dan pelepas dahaga Extra Joss telah
terbukti melakukan pemasaran dengan cukup gencar. Hal ini terbukti dari deretan artis top dan bintang sepak bola yang membintangi setiap iklan Extra Joss yang tayang
di televisi. Simak saja group band Ungu
yang pernah membintangi produk ini, juara tinju dunia kelas bulu Chris John yang juga
sempat menjadi bintang produk ini. Kemudian iklan yang paling gress
yang masih
tayang saat ini yang dibintangi oleh Cinta Laura. Dari sepak
bola nasional Bambang Pamungks, Ponaryo Astaman sempat menghiasi iklan produk ini. Pemasaran Extra Joss untuk
mendapatkan tempat dihati masyarakat ternyata tidak sampai disitu, bintang Manchester United yang kini
menjadi pemian terbaik dunia juga pernah membintangi iklan produk ini. Bahkan tidak tanggung-tanggung Extra Joss harus
terbang ke Italyuntuk pembuatan iklannya, dimana dalam iklan ini dibintangi oleh Alessandro Del Piero
sang legenda hidup pemain sepak bola Italy yang kini
bermain untuk Juventus.
Siapa Konsumennya
Target pasar Extra Joss sendiri adalah para pekerja fisik seperti buruh bangunan, sopir, tukang parkir, hingga ke kalangan atlet dan remaja yang gemar berolahraga. Target pasar ini dinilai sesuai dengan komponen yang terkandung dalam Extra Joss dimana bertujuan untuk meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh sehingga cocok buat mereka.
Perbandingan dengan Produk Lain
Extra Joss apabila
di bandingkan dengan produk lain misalnya kukubima , keduanya sama-sama memproduksi minuman energi dengan kualitas dan bahan yang sama-sama bagus.Kedua produk ini sama-sama di produksi untuk menyegarkan tubuh dan menguatkan tubuh dari rasa lelah.Target pasarnya pun sama yaitu para pekerja fisik seperti buruh bangunan, sopir, tukang parkir, hingga ke kalangan atlet dan remaja yang gemar berolahraga.Produk Extra Joss dan
Kukubima adalah produk yang dihasilkan dalam negeri yang
tidak
kalah
bagus
dengan minuman ber energi lainnya yang di produksi di luar negeri.
Alasan Apabila Go Internasional
Alasan Extra Joss Go Internasional karena Extra Joss
merupakan produk minuman berenergi yang
memiliki kualitas terbaik dalam negeri dan di prediksi mampu bersaing dengan minuman berenergi lainnya yang di produksi di luar negeri.Terbukti bahwa minuman
produksi PT. Bintang Todjoeh ini telah diekspor ke Filipina dan menguasai 80% pasar minuman berenergi di sana. Sementara di Malaysia sejak
masuk
negara ini pada 2007, penjualan Extra Joss telah
mencapai 100ribu dolar AS per-bulan. Sedangkan di Vietnam, penjualannya mencapai Rp. 2 miliar per-tahun.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar