1.Hubungan
antara kreativitas dan aktualisasi diri :
Dengan
kreativitas kita dapat menempatkan diri sesuai dengan kemampuan kita sehingga
kita tidak terlihat aneh atau sepertinya karena kita tidak memaksakan seuatu
yang tidak sesuai dengan kemampuan kita.
3 tokoh :
Bob Sadino
Bob Sadino merupakan pengusaha sukses yang ada di Indonesia.Bob Sadino
dilahirkan di keluarga yang latar belakangnya sederhana dan ekonominya
bercukupan.Ayah Bob Sadino meninggal dunia pada saat ia berusia 19
tahun.Setelah kejadian itu banyak pengalaman yang dialami oleh Bob Sadino,mulai
dari mencari pengalaman ke Belanda,sampai dia balik ke Indonesia lagi.Bob
Sadino juga pernah menjadi tukang batu atau kuli bangunan dengan upah Rp 100,-
. Setelah itu Bob Sadino mulai bangkit dari keterpurukan dan memulai berternak
ayam.Alhasil dengan usaha berternak ayam,dia mengubah usaha kecil itu menjadi
supermarket Kem Chicks.Setelah sukses dengan membuka usaha Kem Chicks,ia
membuka usaha lagi yaitu Kem Foods.Dengan kedua usaha itu dia menjadi
entrepenur yang sukses.Bob mengungkapkan kuncinya dalam memilih kesuksesan
adalah kegigihan.Ia selalu percaya bahwa kesuksesan itu berawal dari kegigihan.
Reza Nurhilman
Reza sukses pada umur 23 tahun.Produk yang ia jual adalah keripik
singkong maicih.Pada awalnya Reza diajak oleh temannya ke rumah ibu-ibu pembuat
keripik singkong.Setelah itu ibu tersebut juga dapat membuat bumbu
pedas.Setelah Reza melihat proses pembuatannya,dia memutuskan untuk bekerja
sama dengan ibu ini yang bermodal awal Rp.15.000.000.Setelah ia mampu
memproduksi keripik Maicih dengan jumlah yang banyak,dia memasarkan produknya
melalu social media seperti Facebook dan Twitter.Kemudian ia juga memasarkannya
di mall Paris Van Java,Bandung.Sekarang Reza sudah bisa mendapatkan
Rp.22.000.000 dalam sehari dan dalam sebulan bisa mencapai
Rp.7.000.000.000.Dalam menjalankan usahanya,Reza menerapkan prinsip
totalitas,loyalitas,dan sinergi.
Hendy Setiono
Hendy merupakan orang yang sederhana,ia meninggalkan bangku kuliah untuk
memulai usaha kecil-kecilan.Hobi Hendy adalah berwisata kuliner dan kebetulan
dia pernah berwisata ke Qatar.Disana banyak sekali penjual yang membuat makan
tradisional khas Turki yang biasa disebut dengan kebab di sepanjang
jalan.Setelah mencicipi kebab disana,ia mempunyai ide untuk mempopulerkan kebab
di Indonesia.Setelah itu dia mendapat pinjaman modal usaha dari adiknya sebesar
Rp.9.000.000 untuk memulai bisnis kebab.Awal bisnis ini menggunakan gerobak
dorong berwarna kuning,dia menjual di daerah Nginden Semolo,Surabaya.Banyak
kisah pahit yang dialami oleh Hendy,tetapi seiring berjalannya waktu,usaha dia
bertambah hingga memiliki lebih dari 375 outlet hinggan omsetnya sampai
Rp.16.000.000.000 per tahunnya.
2.Bidang-bidang
:
- Dalam bidang teknologi : seperti handphone dulu hanya bisa untuk sms dan telepon.sekarang bisa untuk internetan dan media social.
- Dalam bidang fashion : dahulu baju hanya bermotif polos.sekarang baju memiliki banyak motif yang unik dan menarik
- Dalam bidang kuliner : dahulu roti hanya berbentuk bulat polos,sekarang roti dimodifikasi motifnya menjadi bentuk kucing,anjing,dan motif unik lainnya
- Dalam bidang periklanan : sekarang iklan dibuat sedemikian unik untuk menarik minat konsumen seperti iklan Teh Pucuk.
3.Hambatan-hambatan
:
Rasa
takut : takut gagal
Rasa
puas : puas dengan keadaan yang sudah ada
Rutinitas
tinggi : sibuk melakukan aktivitas sehingga tidak tersedia waktu untuk
berkreasi
Keterbatasan
modal : tidak cukup modal untuk melakukan suatu kreasi dan inovasi
Kemalasan
mental : malas untuk mencoba suatu hal yang baru
Terpaku
pada masalah : terpaku pada kegagalan atau masa lalu
Solusi :
Buka
mata,buka telinga : untuk melihat atau lebih memerhatikan sekeliling
Percaya
diri : percaya diri akan selalu menyusun mimpi dalam sebuah cita-cita hidup
Tanamkan
semangat belajar : orang yang selalu belajar memiliki pola kreatif dalam
kesehariannya
4.Mind
mapping :
Jasa Fotografi
- Alat
- Kamera
- Flash eksternal
- Memory card
- Lensa
- Tripod
2. Harga
- Pas foto : Rp.5.000
- Foto wedding : Rp.2.000.000
- Foto produk : Rp.500.000
3. Pemasaran
- Media Social
- Iklan
- Spanduk
- Brosur
4. Target pasar
- Model
- Perusahaan
- Pasangan nikah
- Siswa-siswi / mahasiswa
5. Sumber modal
- Keluarga
- Teman
- Tabungan pribadi
(bagan mind map microsoft word tidak terbaca pada blog,sehingga saya membuat rinciannya saja)
5.Sebuah
proses kreatif dalam event tahun baru:
· -Merealisasikan
ide-ide kreatif pada acara event tahun baru : membuat acara tahun baru yang berbeda
dengan tahun sebelumnya
· -Memilih
tempat yang strategis dan menarik serta mudah dijangkau : dengan lokasi yang
strategis,menarik serta mudah dijangkau dapat menarik minat konsumen atau
masyarakat
· -Menanamkan
suatu yang kreatif pada acara tersebut : misalnya acara tahun lalu diadakan
didalam sebuah gedung (indoor) sekarang dilakukan di outdoor seperti di pantai.
6.Contoh
produk kreatif :
Gojek
: awalnya dari ojek pangkalan berubah menjadi ojek online yang dapat dipesan
melalui aplikasi.
Bolt : awalnya dari modem wifi yang nyambung dengan telepon rumah,sekarang menjadi modem wifi portable yang mudah dan praktis untuk dibawa-bawa
GoPro : awalnya kamera besar seperti DSLR dan camera pocket yang tidak tahan air,sekarang menjadi kamera action yang ukurannya kecil dan mudah untuk dibawa kemana saja serta tahan air
Powerbank : awalnya charger yang dicolok ke listrik,sekarang tidak perlu colok ke listrik
7.Cara
mengembangkan kreativitas dan inovasi :
· -Berpikir
out of the box : mampu berpikir luas
· -Pemikiran
yang jauh kedepan : sudah mempersiapkan untuk keadaan yang datang
· -Mempunyai
imajinasi yang luas : misalnya dalam bidang game.Wajib memiliki imajinasi yang
luas dalam menciptakan game agar dapat menarik minat konsumen
· -Membaca
banyak referensi : membaca banyak referensi agar kita mampu menciptakan sesuatu
dengan kelemahan yang lebih sedikit
8. Hubungan dari idea,kreatifitas,inovasi dan peluang
pasar :
Idea adalah gagasan unik sebagai hasil
pemikiran individu yang berkaitan dengan kreatifitas dan inovasi yang terdapat
dalam dirinya.
Kreatifitas
adalah kemampuan seseorang dalam membuat suatu hal yang berbeda dengan yang
lain sehingga bisa membuat produk yang diciptakan menjadi lebih unik. Contoh
kreatifitas : membuat tali sepatu yang menyala dalam gelap menggunakan baterai.
Inovasi
adalah kemampuan dalam diri seseorang untuk menciptakan produk baru atau yang
belum pernah ada sebelumnya . Contoh inovasi : membuat lampu LED
Dari
penjelasan diatas bisa anda lihat hubungan antara ide - kreatifitas - inovasi
dan ketiga hal ini akan mengarah pada penciptaan peluang pasar yang
berpotensial bagi bisnis yang akan dikembangkan. Peluang pasar dapat diperoleh
dari hasil penggabungan kreasi dan inovasi sehingga menciptakan produk baru dan
unik yang dapat menarik minat konsumen dan meningkatkan daya jual
perusahaan.
Kenapa perlu
kreasi dan inovasi dalam menciptakan peluang pasar ? hal ini terjadi karena
masyarakat sekarang selalu disuguhkan dengan produk yang tidak terlalu berbeda
atau mirip sehingga terjadi persaingan yang ketat antar produsen. Inilah yang
memicu para produsen untuk menggali kreasi dan inovasi baru di pasar agar
produknya dapat berbeda dari kompetitor dan unggul dalam persaingan pasar.
Selain menciptakan sesuatu yang baru, dengan adanya kreasi dan inovasi juga
akan membantu perusahaan dalam memperluas ruang lingkup pasarnya.
9.Ide
kreatif untuk mengatasi masalah sebaran penduduk yang tidak merata di Indonesia
:
· -Membangun
dan mengembangka industry kecil di daerah yang jarang penduduk atau pedesaan
· -Memusatkan
industri untuk membuka lapangan pekerjaan baru
· -Membuat
event-event yang memperkenalkan kelebihan daerah yang menjadi tujuan
transmigrasi sehingga banyak yang tertarik untuk transmigrasi.
10. Yang melatar belakangi orang melakukan inovasi :
· -Inovasi bisnis diperlukan agar dapat bertahan dan memenuhi kebutuhan
pelanggan atau konsumen secara berkelanjutan
Dalam pasar persaingan
yang ketat, konsumen akan semakin pintar dan cenderung menjadi peilih terhadap
produk yang akan ia beli sehingga produsen harus terlebih dahulu mengantisipasi
proses perubahan ini.
· -Menambah nilai dari produk yang ditawarkan
Adanya inovasi berarti
ada sesuatu fungsi baru yang bisa didapatkan dan dimanfaatkan konsumen ketika
membeli produk yang ditawarkan produsen.
· -Mengejar Keuntungan
Adanya inovasi berarti
perusahaan berharap dalam pengembangan pasarnya kedepan untuk meningkatkan
orientasi laba perusahaan
· -Keunggulan kompetitif dari kompetitor
Inovasi membuar
perusahaan selangkah lebih depan dalam persaingan pasar
Tidak ada komentar:
Posting Komentar