Tutorial buat ngedit gambar  »   Digimods.co.uk

Minggu, 25 Oktober 2015

Jawaban UTS Semester 3 2015

1.Hubungan antara kreativitas dan aktualisasi diri :
Dengan kreativitas kita dapat menempatkan diri sesuai dengan kemampuan kita sehingga kita tidak terlihat aneh atau sepertinya karena kita tidak memaksakan seuatu yang tidak sesuai dengan kemampuan kita.
3 tokoh :
Bob Sadino

Bob Sadino merupakan pengusaha sukses yang ada di Indonesia.Bob Sadino dilahirkan di keluarga yang latar belakangnya sederhana dan ekonominya bercukupan.Ayah Bob Sadino meninggal dunia pada saat ia berusia 19 tahun.Setelah kejadian itu banyak pengalaman yang dialami oleh Bob Sadino,mulai dari mencari pengalaman ke Belanda,sampai dia balik ke Indonesia lagi.Bob Sadino juga pernah menjadi tukang batu atau kuli bangunan dengan upah Rp 100,- . Setelah itu Bob Sadino mulai bangkit dari keterpurukan dan memulai berternak ayam.Alhasil dengan usaha berternak ayam,dia mengubah usaha kecil itu menjadi supermarket Kem Chicks.Setelah sukses dengan membuka usaha Kem Chicks,ia membuka usaha lagi yaitu Kem Foods.Dengan kedua usaha itu dia menjadi entrepenur yang sukses.Bob mengungkapkan kuncinya dalam memilih kesuksesan adalah kegigihan.Ia selalu percaya bahwa kesuksesan itu berawal dari kegigihan.

Reza Nurhilman

Reza sukses pada umur 23 tahun.Produk yang ia jual adalah keripik singkong maicih.Pada awalnya Reza diajak oleh temannya ke rumah ibu-ibu pembuat keripik singkong.Setelah itu ibu tersebut juga dapat membuat bumbu pedas.Setelah Reza melihat proses pembuatannya,dia memutuskan untuk bekerja sama dengan ibu ini yang bermodal awal Rp.15.000.000.Setelah ia mampu memproduksi keripik Maicih dengan jumlah yang banyak,dia memasarkan produknya melalu social media seperti Facebook dan Twitter.Kemudian ia juga memasarkannya di mall Paris Van Java,Bandung.Sekarang Reza sudah bisa mendapatkan Rp.22.000.000 dalam sehari dan dalam sebulan bisa mencapai Rp.7.000.000.000.Dalam menjalankan usahanya,Reza menerapkan prinsip totalitas,loyalitas,dan sinergi.

Hendy Setiono

Hendy merupakan orang yang sederhana,ia meninggalkan bangku kuliah untuk memulai usaha kecil-kecilan.Hobi Hendy adalah berwisata kuliner dan kebetulan dia pernah berwisata ke Qatar.Disana banyak sekali penjual yang membuat makan tradisional khas Turki yang biasa disebut dengan kebab di sepanjang jalan.Setelah mencicipi kebab disana,ia mempunyai ide untuk mempopulerkan kebab di Indonesia.Setelah itu dia mendapat pinjaman modal usaha dari adiknya sebesar Rp.9.000.000 untuk memulai bisnis kebab.Awal bisnis ini menggunakan gerobak dorong berwarna kuning,dia menjual di daerah Nginden Semolo,Surabaya.Banyak kisah pahit yang dialami oleh Hendy,tetapi seiring berjalannya waktu,usaha dia bertambah hingga memiliki lebih dari 375 outlet hinggan omsetnya sampai Rp.16.000.000.000 per tahunnya.


2.Bidang-bidang :
  1. Dalam bidang teknologi : seperti handphone dulu hanya bisa untuk sms dan telepon.sekarang bisa untuk internetan dan media social.
  2. Dalam bidang fashion : dahulu baju hanya bermotif polos.sekarang baju memiliki banyak motif yang unik dan menarik
  3. Dalam bidang kuliner : dahulu roti hanya berbentuk bulat polos,sekarang roti dimodifikasi motifnya menjadi bentuk kucing,anjing,dan motif unik lainnya
  4. Dalam bidang periklanan : sekarang iklan dibuat sedemikian unik untuk menarik minat konsumen seperti iklan Teh Pucuk.


3.Hambatan-hambatan :
Rasa takut : takut gagal
Rasa puas : puas dengan keadaan yang sudah ada
Rutinitas tinggi : sibuk melakukan aktivitas sehingga tidak tersedia waktu untuk berkreasi
Keterbatasan modal : tidak cukup modal untuk melakukan suatu kreasi dan inovasi
Kemalasan mental : malas untuk mencoba suatu hal yang baru
Terpaku pada masalah : terpaku pada kegagalan atau masa lalu
Solusi :
Buka mata,buka telinga : untuk melihat atau lebih memerhatikan sekeliling
Percaya diri : percaya diri akan selalu menyusun mimpi dalam sebuah cita-cita hidup
Tanamkan semangat belajar : orang yang selalu belajar memiliki pola kreatif dalam kesehariannya

4.Mind mapping :
Jasa Fotografi
  1. Alat
  • Kamera
  • Flash eksternal
  • Memory card
  • Lensa
  • Tripod

     2. Harga

  • Pas foto : Rp.5.000
  • Foto wedding : Rp.2.000.000
  • Foto produk : Rp.500.000
      3. Pemasaran 

  • Media Social
  • Iklan
  • Spanduk
  • Brosur
      4. Target pasar 

  • Model
  • Perusahaan
  • Pasangan nikah
  • Siswa-siswi / mahasiswa
      5. Sumber modal
  • Keluarga
  • Teman
  • Tabungan pribadi
(bagan mind map microsoft word tidak terbaca pada blog,sehingga saya membuat rinciannya saja)




 






5.Sebuah proses kreatif dalam event tahun baru:
·    -Merealisasikan ide-ide kreatif pada acara event tahun baru : membuat acara tahun baru yang berbeda dengan tahun sebelumnya
·    -Memilih tempat yang strategis dan menarik serta mudah dijangkau : dengan lokasi yang strategis,menarik serta mudah dijangkau dapat menarik minat konsumen atau masyarakat
·    -Menanamkan suatu yang kreatif pada acara tersebut : misalnya acara tahun lalu diadakan didalam sebuah gedung (indoor) sekarang dilakukan di outdoor seperti di pantai.

6.Contoh produk kreatif :
Gojek : awalnya dari ojek pangkalan berubah menjadi ojek online yang dapat dipesan melalui aplikasi.
Bolt : awalnya dari modem wifi yang nyambung dengan telepon rumah,sekarang menjadi modem wifi portable yang mudah dan praktis untuk dibawa-bawa
GoPro : awalnya kamera besar seperti DSLR dan camera pocket yang tidak tahan air,sekarang menjadi kamera action yang ukurannya kecil dan mudah untuk dibawa kemana saja serta tahan air
Powerbank : awalnya charger yang dicolok ke listrik,sekarang tidak perlu colok ke listrik

7.Cara mengembangkan kreativitas dan inovasi :
·     -Berpikir out of the box : mampu berpikir luas
·     -Pemikiran yang jauh kedepan : sudah mempersiapkan untuk keadaan yang datang
·     -Mempunyai imajinasi yang luas : misalnya dalam bidang game.Wajib memiliki imajinasi yang luas dalam menciptakan game agar dapat menarik minat konsumen
·      -Membaca banyak referensi : membaca banyak referensi agar kita mampu menciptakan sesuatu dengan kelemahan yang lebih sedikit

8. Hubungan dari idea,kreatifitas,inovasi dan peluang pasar :
Idea adalah gagasan unik sebagai hasil pemikiran individu yang berkaitan dengan kreatifitas dan inovasi yang terdapat dalam dirinya. 
Kreatifitas adalah kemampuan seseorang dalam membuat suatu hal yang berbeda dengan yang lain sehingga bisa membuat produk yang diciptakan menjadi lebih unik. Contoh kreatifitas : membuat tali sepatu yang menyala dalam gelap menggunakan baterai.
Inovasi adalah kemampuan dalam diri seseorang untuk menciptakan produk baru atau yang belum pernah ada sebelumnya . Contoh inovasi : membuat lampu LED

Dari penjelasan diatas bisa anda lihat hubungan antara ide - kreatifitas - inovasi dan ketiga hal ini akan mengarah pada  penciptaan peluang pasar yang berpotensial bagi bisnis yang akan dikembangkan. Peluang pasar dapat diperoleh dari hasil penggabungan kreasi dan inovasi sehingga menciptakan produk baru dan unik yang dapat menarik minat konsumen dan meningkatkan daya jual perusahaan. 

Kenapa perlu kreasi dan inovasi dalam menciptakan peluang pasar ? hal ini terjadi karena masyarakat sekarang selalu disuguhkan dengan produk yang tidak terlalu berbeda atau mirip sehingga terjadi persaingan yang ketat antar produsen. Inilah yang memicu para produsen untuk menggali kreasi dan inovasi baru di pasar agar produknya dapat berbeda dari kompetitor dan unggul dalam persaingan pasar. Selain menciptakan sesuatu yang baru, dengan adanya kreasi dan inovasi juga akan membantu perusahaan dalam memperluas ruang lingkup pasarnya.

9.Ide kreatif untuk mengatasi masalah sebaran penduduk yang tidak merata di Indonesia :
·     -Membangun dan mengembangka industry kecil di daerah yang jarang penduduk atau pedesaan
·     -Memusatkan industri untuk membuka lapangan pekerjaan baru
·     -Membuat event-event yang memperkenalkan kelebihan daerah yang menjadi tujuan transmigrasi sehingga banyak yang tertarik untuk transmigrasi.

10. Yang melatar belakangi orang melakukan inovasi :
·     -Inovasi bisnis diperlukan agar dapat bertahan dan  memenuhi kebutuhan pelanggan atau konsumen secara berkelanjutan
Dalam pasar persaingan yang ketat, konsumen akan semakin pintar dan cenderung menjadi peilih terhadap produk yang akan ia beli sehingga produsen harus terlebih dahulu mengantisipasi proses perubahan ini.
·     -Menambah nilai dari produk yang ditawarkan
Adanya inovasi berarti ada sesuatu fungsi baru yang bisa didapatkan dan dimanfaatkan konsumen ketika membeli produk yang ditawarkan produsen. 
·     -Mengejar Keuntungan
Adanya inovasi berarti perusahaan berharap dalam pengembangan pasarnya kedepan untuk meningkatkan orientasi laba perusahaan
·     -Keunggulan kompetitif dari kompetitor
Inovasi membuar perusahaan selangkah lebih depan dalam persaingan pasar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar